header

header

Sabtu, 14 November 2015

PROPOSAL BISNIS PIE’S CIOUS

BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG.
Sekarang ini banyak sekali hidangan kue yang beraneka ragam di Indonesia. Berberapa jenis diantaranya berasal dari luar negeri yang masuk melalui era globalisasi, namun ada juga kreasi yang diciptakan oleh masyarakat Indonesia sendiri. Saat ini orang-orang di Indonesia sangat pintar berkreasi, dan biasanya kreasi tersebut datang dari pikiran masyarakat Indonesia sendiri, maupun  yang menggabungkan konsep awal dengan ide baru dan dikombinasikan unsur lokal.
Disini penulis akan menyampaikan idenya sendiri yang terinspirasi dari hidangan yang biasa disantap oleh orang-orang Yunani kuno dan Romawi kuno untuk berpergian jauh yaitu kue Pie. Apa itu Pie ? Pie atau Pastei adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi dari kue pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain sesuai selera. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit painya, begitu juga kue pie yang berisi daging (ikan atau daging sapi/ayam) hanya saja rasanya lebih gurih.
Pie dipercaya pertama kali muncul pada zaman Yunani kuno (abad ke-5 bebelum masehi) serta Romawi kuno (abad ke-1 masehi)  dan biasanya disantap oleh para pelaut, pengelana, ataupun kurir-kurir kerajaan yang sedang melakukan perjalanan jauh. Karena sifat keawetannya makanan ini selalu dijadikan bekal selama diperjalanan. Di Indonesia sebenarnya sudah ada jenis makanan ini, yaitu Pie Susu yang berasal dari Bali dan sejauh yang penulis tahu pada saat kemunculan pertamanya kue pie ini sempat heboh dipemberitaan media, namun seiring berjalannya waktu pie ini sudah redup, meskipun begitu kita masih bisa menemukanya ditoko-toko kue biasa.
Dengan adanya ide ini, pendiri ingin mendorong kualitas serta nama hidangan tersebut di Indonesia dengan membangun sebuah kedai Pie yang menyajikan tidak hanya dari rasa yang enak tetapi juga unik dimata para konsumen. Dan juga kedai yang pendiri harapkan tidak terfokus pada sajian Pie saja, tapi juga tersedia sajian minuman yang lainnya.
Adapun nama untuk kedai ini, yakni  PIE’S CIOUS. Nama tersebut merupakan singkatan dari kata pie is delicious, dimana pendiri berkeinginan untuk  bisa menciptakan kreasi kue Pie sendiri berbeda dari yang lainnya dan juga berharap nama tersebut bisa dengan mudah diingat oleh para konsumen dikedepannya.
B.     VISI DAN MISI USAHA
Visi usaha ini adalah menjadikan masyarakat luas mengetahui jajanan kuliner yang berasal dari Negara luar namun banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia dengan mengadakan pendekatan kepada masyarakat bahwa kue pie adalah dessert yang sehat, enak, dan mengenyangkan serta dapat diolah dengan berbagai rasa. Sedangkan misi dari usaha ini adalah:
a.       Mengkreasikan menu pie yang bernuansa modern.
b.      Menjadikan kue pie menjadi cemilan makanan yang berkelas.
c.       Membuat kesan rasa yang enak dan tidak monoton dengan aneka rasa yang disajikan.


BAB II
PROFIL BADAN USAHA
A.    Manajemen
Nama kedai                 : Pie’s Cious
Nama Pemilik             : Neneng Badriah
Bidang Usaha               : Kuliner
Jumlah Karyawan                    : 6

B.     Analisis Pemasaran    
·         Produk yang ditawarkan  
NO
PIE
DRINK
1
Apple Pie Delight Original
Ice / hot  sweet tea
2
Sweet Kiss Strawberry  Pie
Hot/ Iced Coffee
3
Red Velvet Cream Cheese Pie
Hot/Iced Chocolate
4
Green Tea Shogun Pie
Frappuccino Latte
5
Tropical Pie
Espresso Frappuccino Blend
6
Cherry Blossom Pie
Caramel Frappuccino Blend
7
Milky Sky Pie

      
·         Sasaran Konsumen                 
Kedai PIE’S CIOUS tidak menargetkan Kalangan mana saja yang bisa menikmati hidangan PIE’S CIOUS, pendiri mengharapkan dari muda hingga tua bisa menikmatinya. Karena masyarakat Indonesia sangat akrab dengan rasa manis, asin dan gurih serta harga terjangkau yang ditawarkan kepada pembeli.

·         Wilayah Pemasaran      
Untuk memulai usaha, pendiri telah memilih lokasi pertama untuk berpromosi produk yaitu di Bekasi. Dilihat dari situasi sekarang Kota Bekasi menjadi tempat yang strategis untuk berniaga, dan letak kota Bekasi juga lumayan dekat dengan kota-kota besar lainya. Potensi ekonomi di Kota Bekasi juga sangat menjanjikan dilihat dari banyaknya pencita kuliner yang berasal dari kaum muda-mudi.

·         Pesaing
Pesaing dari usaha ini adalah para penjual makanan unik yang sudah lebih dulu berkreasi dan belum tertandingi kreasinya, restoran-restoran keluarga ternama yang sudah diakui dan dikenal oleh masyarakat, dan para pengusaha-pengusaha rumah tangga kreatif lainnya.
C.    Laporan Keuangan
·         Biaya tetap
No
Keterangan
Harga (Rp)
1
Ruko
18.750.000
2
Peralatan dapur
14.260.000
3
Meja & kursi
2.950.000
3
Wifi 2 buah
840.000
4
Ac 2 buah
4.000.000
5
Peralatan lain-lain
1.000.000
Total Biaya
 41.800.000,00
·         Biaya Variabel
No
Keterangan
Harga (Rp)
1
Telur
80.000
2
Gula Pasir
52.000
3
Tepung Terigu
100.000
4
Margarine
60.000
5
Susu
88.000
5
Lain-lain
300.000
Total Biaya
680.000,00

Total Biaya Tetap+Biaya Variabel                Rp 42.580.000,00
·         Modal Awal                                              Rp 42.580.000
·          Harga jual rata-rata per porsi kue pie   Rp. 22.000
·          Harga jual rata-rata per minuman        Rp  15.000     
·          Target per hari 70 porsi  pie                              Rp. 1.540.000
·         Target per hari 60 porsi minuman         Rp 900.000
·          Analisis Timbal Balik Modal                 
Penghasilan Perhari-Biaya Variabel          : 2.440.000-680.000 = Rp. 1.760.000
Periode pengembalian modal dengan 25x produksi, yakni :
Rp. 1.760.000,00 x 25                                  : Rp. 44.000,000,00
Keuntungan selama 25 hari                        : Rp. 44.000,000,00
·         Keuntungan per produksi (minimal)       : Rp. 1.760.000,00
·         Keuntungan per bulan                                : Rp. 52.800.000,00

D.     ANALISIS SWOT
·         Strength (Kekuatan)
ü Memiliki SDM dengan etos kerja yang baik
ü Produk higenis dan harga ekonomis
ü Inovasi rasa yang berbeda dan beraneka ragam
·         Weakness (Kelemahan)
ü  Harga bahan baku yang tidak stabil
·         Opportuniy (Kesempatan)
ü  Mitra kerja yang banyak
ü  Budaya masyarakat yang konsumtif
·         Threat (Hambatan)
ü  Kompetitor yang bergerak di bidang usaha yang sama

BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Usaha kedai PIE’S CIOUS ini adalah mimpi dari pendiri yang ingin mengembangkan sayap di dunia kewirausahaan dan memiliki usaha tempat makan yang ramah serta nyaman. Diharapkan dari harga yang terjangkau diatas, kedai ini bisa menjadi tempat pemersatu masyarakat dengan mencicipi pie buatan kedai PIE’S CIOUS. Dan dengan segenap usaha yang akan dituangkan dalam usaha ini, pendiri berharap untuk bisa mengembangkan sayapnya hingga dapat meningkatkan omset dan membuka cabang dibeberapa tempat lainnya.

B.      LAMPIRAN
Struktur Organisasi Perusahaan
Pimpinan                     : Neneg Badriah
Alamat email               : badriah750@gmail.com
Status                          : Mahasiswa

Pengelola                     : Lulu Hana
Alamat email               : xxxxx@gmail.com

Status                          : Mahasiswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar