BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG.
Sekarang ini banyak sekali hidangan kue yang beraneka ragam
di Indonesia. Berberapa jenis diantaranya berasal dari luar negeri yang masuk
melalui era globalisasi, namun ada juga kreasi yang diciptakan oleh masyarakat
Indonesia sendiri. Saat ini orang-orang di Indonesia sangat pintar berkreasi,
dan biasanya kreasi tersebut datang dari pikiran masyarakat Indonesia sendiri,
maupun yang menggabungkan konsep awal dengan ide baru dan dikombinasikan
unsur lokal.
Disini penulis akan menyampaikan idenya sendiri yang
terinspirasi dari hidangan yang biasa disantap oleh orang-orang Yunani kuno dan
Romawi kuno untuk berpergian jauh yaitu kue Pie. Apa itu Pie ? Pie atau Pastei
adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam.
Isi dari kue pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar,
kacang, dan lain-lain sesuai selera. Pie yang berisi buah biasanya berupa
cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu
dipanggang bersamaan dengan kulit painya, begitu juga kue pie yang berisi
daging (ikan atau daging sapi/ayam) hanya saja rasanya lebih gurih.
Pie dipercaya pertama kali muncul pada zaman Yunani kuno
(abad ke-5 bebelum masehi) serta Romawi kuno (abad ke-1 masehi) dan
biasanya disantap oleh para pelaut, pengelana, ataupun kurir-kurir kerajaan
yang sedang melakukan perjalanan jauh. Karena sifat keawetannya makanan ini
selalu dijadikan bekal selama diperjalanan. Di Indonesia sebenarnya sudah ada
jenis makanan ini, yaitu Pie Susu yang berasal dari Bali dan sejauh yang
penulis tahu pada saat kemunculan pertamanya kue pie ini sempat heboh dipemberitaan
media, namun seiring berjalannya waktu pie ini sudah redup, meskipun begitu
kita masih bisa menemukanya ditoko-toko kue biasa.
Dengan adanya ide ini, pendiri ingin mendorong kualitas
serta nama hidangan tersebut di Indonesia dengan membangun sebuah kedai Pie
yang menyajikan tidak hanya dari rasa yang enak tetapi juga unik dimata para
konsumen. Dan juga kedai yang pendiri harapkan tidak terfokus pada sajian Pie
saja, tapi juga tersedia sajian minuman yang lainnya.
Adapun nama untuk kedai ini, yakni PIE’S CIOUS.
Nama tersebut merupakan singkatan dari kata pie is delicious, dimana pendiri
berkeinginan untuk bisa menciptakan
kreasi kue Pie sendiri berbeda dari yang lainnya dan juga berharap nama
tersebut bisa dengan mudah diingat oleh para konsumen dikedepannya.
B. VISI
DAN MISI USAHA
Visi usaha ini adalah menjadikan masyarakat luas mengetahui
jajanan kuliner yang berasal dari Negara luar namun banyak diminati oleh
masyarakat di Indonesia dengan mengadakan pendekatan kepada masyarakat bahwa
kue pie adalah dessert yang sehat, enak, dan mengenyangkan serta dapat diolah
dengan berbagai rasa. Sedangkan misi dari usaha ini adalah:
a. Mengkreasikan
menu pie yang bernuansa modern.
b. Menjadikan
kue pie menjadi cemilan makanan yang berkelas.
c. Membuat
kesan rasa yang enak dan tidak monoton dengan aneka rasa yang disajikan.
BAB II
PROFIL BADAN USAHA
A. Manajemen
Nama kedai :
Pie’s Cious
Nama Pemilik :
Neneng Badriah
Bidang
Usaha
: Kuliner
Jumlah Karyawan : 6
B. Analisis Pemasaran
·
Produk
yang ditawarkan
NO
|
PIE
|
DRINK
|
1
|
Apple Pie Delight
Original
|
Ice / hot sweet tea
|
2
|
Sweet
Kiss Strawberry Pie
|
Hot/
Iced Coffee
|
3
|
Red
Velvet Cream Cheese Pie
|
Hot/Iced
Chocolate
|
4
|
Green
Tea Shogun Pie
|
Frappuccino
Latte
|
5
|
Tropical
Pie
|
Espresso
Frappuccino Blend
|
6
|
Cherry
Blossom Pie
|
Caramel
Frappuccino Blend
|
7
|
Milky
Sky Pie
|
|
·
Sasaran
Konsumen
Kedai PIE’S CIOUS tidak menargetkan
Kalangan mana saja yang bisa menikmati hidangan PIE’S CIOUS, pendiri
mengharapkan dari muda hingga tua bisa menikmatinya. Karena masyarakat
Indonesia sangat akrab dengan rasa manis, asin dan gurih serta harga terjangkau
yang ditawarkan kepada pembeli.
·
Wilayah
Pemasaran
Untuk memulai usaha, pendiri telah
memilih lokasi pertama untuk berpromosi produk yaitu di Bekasi. Dilihat dari
situasi sekarang Kota Bekasi menjadi tempat yang strategis untuk berniaga, dan
letak kota Bekasi juga lumayan dekat dengan kota-kota besar lainya. Potensi
ekonomi di Kota Bekasi juga sangat menjanjikan dilihat dari banyaknya pencita
kuliner yang berasal dari kaum muda-mudi.
·
Pesaing
Pesaing dari usaha ini adalah para
penjual makanan unik yang sudah lebih dulu berkreasi dan belum tertandingi
kreasinya, restoran-restoran keluarga ternama yang sudah diakui dan dikenal
oleh masyarakat, dan para pengusaha-pengusaha rumah tangga kreatif lainnya.
C. Laporan Keuangan
·
Biaya
tetap
No
|
Keterangan
|
Harga (Rp)
|
1
|
Ruko
|
18.750.000
|
2
|
Peralatan dapur
|
14.260.000
|
3
|
Meja & kursi
|
2.950.000
|
3
|
Wifi 2 buah
|
840.000
|
4
|
Ac 2 buah
|
4.000.000
|
5
|
Peralatan lain-lain
|
1.000.000
|
Total Biaya
|
41.800.000,00
|
·
Biaya Variabel
No
|
Keterangan
|
Harga (Rp)
|
1
|
Telur
|
80.000
|
2
|
Gula Pasir
|
52.000
|
3
|
Tepung Terigu
|
100.000
|
4
|
Margarine
|
60.000
|
5
|
Susu
|
88.000
|
5
|
Lain-lain
|
300.000
|
Total Biaya
|
680.000,00
|
Total Biaya Tetap+Biaya Variabel Rp 42.580.000,00
·
Modal
Awal
Rp 42.580.000
·
Harga
jual rata-rata per porsi kue pie Rp. 22.000
·
Harga
jual rata-rata per minuman Rp
15.000
·
Target
per hari 70 porsi
pie Rp. 1.540.000
·
Target
per hari 60 porsi minuman Rp 900.000
·
Analisis
Timbal Balik
Modal
Penghasilan Perhari-Biaya
Variabel :
2.440.000-680.000 = Rp. 1.760.000
Periode pengembalian modal dengan 25x produksi, yakni :
Rp. 1.760.000,00 x 25
: Rp. 44.000,000,00
Keuntungan selama 25
hari
: Rp. 44.000,000,00
·
Keuntungan
per produksi (minimal)
: Rp. 1.760.000,00
·
Keuntungan
per
bulan : Rp. 52.800.000,00
D. ANALISIS SWOT
·
Strength
(Kekuatan)
ü Memiliki SDM dengan etos kerja yang
baik
ü Produk higenis dan harga ekonomis
ü Inovasi rasa yang berbeda dan beraneka
ragam
·
Weakness
(Kelemahan)
ü Harga bahan baku yang tidak stabil
·
Opportuniy
(Kesempatan)
ü Mitra kerja yang banyak
ü Budaya masyarakat yang konsumtif
·
Threat
(Hambatan)
ü Kompetitor yang bergerak di bidang
usaha yang sama
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Usaha kedai PIE’S
CIOUS ini adalah mimpi dari pendiri yang ingin mengembangkan sayap di dunia
kewirausahaan dan memiliki usaha tempat makan yang ramah serta nyaman.
Diharapkan dari harga yang terjangkau diatas, kedai ini bisa menjadi tempat
pemersatu masyarakat dengan mencicipi pie buatan kedai PIE’S CIOUS. Dan dengan
segenap usaha yang akan dituangkan dalam usaha ini, pendiri berharap untuk bisa
mengembangkan sayapnya hingga dapat meningkatkan omset dan membuka cabang
dibeberapa tempat lainnya.
B.
LAMPIRAN
Struktur Organisasi Perusahaan
Pimpinan
: Neneg
Badriah
Alamat email
:
badriah750@gmail.com
Status
: Mahasiswa
Pengelola
: Lulu Hana
Alamat email
:
xxxxx@gmail.com
Status
: Mahasiswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar